WIreless Point To Point (PTP) & Point To Multi Point (PTMP)

Hasil gambar untuk point to point

Halo temen temen, ane balik lagi nih wkwkwkwk bodo amat, jadi pada postingan kali ini ane bakal nunjukkin wireless point to point, sebelumnya kita harus mengetahui arti point to point itu sendiri

PENGERTIAN
Point to point Dalam jaringan, Point-to-Point Protocol adalah data link protokol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua node jaringan. nah seperti itu kira kira pengertiannya

Jadi kali ini ane make aplikasi winbox, sebelumnya yang harus di sediakan adalah


  • Router Mikrotik tipe 951
  • Adaptor routernya
  • Kabel UTP
  • PC/Laptop
  • Aplikasi WnBox
Langsung kita ke tutorialnya keburu lupa

PTP

Wireless Point To Point Ap

1. Pasangkan Kabel utp pada slot ether 2 pada router mikrotik, eits jangan lupa pasangkan juga adapter router nya kalo gak di pasang cari tahu sendiri
2. Colokkan kabel utp dari router mikrotik yang ada di ether 2 ke pc
3. Buka aplikasi Winbox kita
4. Pilih ini dan klik connect

 5. Lalu kita ke Wireless>enable dulu wlannya>klik ceklis


6. Lalu klik di bagian wlan 1 nya untuk kita atur interface nya


7. setelah itu kita atur interface nya (maap ada kesalahan di kotak pertama itu bukan bridge tapi ap bridge untuk PTMP)
Penjelasan
kotak merah pertama adalah mode nya menjadi ap bridge
kotak merah kedua adalah jenis band nya
kotak merah ketiga adalah SSIDnya kalo ane karena PTP jadi pake absen ane dan temen ane
setelah itu klik apply lalu ok

8. Lalu kita atur ip address kita

ip yang pake ether2 adalah port yang kita hubungkan
ip yang pake wlan 1 adalah karena kita menggunakan wireless

9. Lalu kita cek routes apakah udah reachable atau belom, jika belom berarti belom terhubung


10. Lalu kita coba ping ke client/station kita


Wireles Point To Point (client/station)

Cara awalnya sama dengan yang sudah kita buat diatas nah kali ini ane tukeran ama temen ane dia bikin AP dan ane jadi station nya namun perbedaanya ada di bagian saat kita mengatur interface wlan 1 nya seperti ini

1. Atur Interface nya seperti ini pilih modenya menjadi station karena sekarang kita menjadi penerima


2. Ubah Band nya menjadi seperti di bawah

3. Lalu kita klik advance mode dan kita ganti radio name nya dan kita scan, untuk mencari AP yang sudah di buat temen ane


4. Masuk ke menu scan lalu kita start
 5. Nah kita pilih AP yang PTP 7,8 lalu klik connect
eits jangan lupa kita bikin ip address nya juga seperti diatas


Wireless Point To Multi Point (PTMP) 

AP
Buat baru dan jangan lupa kita reset dulu konfigurasi bekas tadi dan kita connect lagi


1. Kita lakukan lagi pilih wireless dan aktifkan wlan 1 nya


2. Kita atur inteface wlan 1 yang sudah kita aktifkan untuk menjadi ap bridge

3. Kita atur ip kita seperti di bawah ini
4. Nah jika teman kita sudah berhasil konek ke ap kita maka kita uji ping ke client/station teman kita

Wireless Point to multi point (PTMP)
station/client 

Kita atur seperti di atas namun perbedaan nya di interface wlan nya seperti ini

1. Kita atur seperti ini sama seperti di PTP station, lalu kita scan


2. Kita konekkan ke PTMP 7,8,9

3. Jangan lupa kita atur ip address juga


4. Lalu kita uji ping ke 2, yang 1 ke Ap yang 1 lagi ke station teman kita

0 komentar:

Posting Komentar